Sewa LED Touch Screen, Indotekrental.com


Keuntungan Dan Kerugian Menggunakan Touchscreen

Sewa LED TouchScreen, teknologi touch screen berkembang sangat pesat, banyak yang beralih ke layar touch screen seperti handphone dan tv, sekarang ini hampir semua pengguna handphone beralih menggunakan layar sentuh, sudah jarang ditemukan orang yang masih menggunakan handphone keypad karena merasa ketinggalan jaman. Padahal kalau anda perhatikan layar sentuh selain memiliki keuntungan juga memiliki kelebihan. Dan kali ini saya akan membahas keuntungan dan kerugian touch screen:


Keuntungan Touch Screen

1.       Touch screen atau layar sentuh sangat mudah digunakan sehingga tidak perlu waktu lama untuk mempelajarinya.
2.       Layar pada touch screen lebih luas sehingga mempermudah pengguna ketika menonton vidio atau berselancar di dunia maya.
3.       Pengetikan bisa dikerjakan jauh lebih cepat
4.       Taouch screen mampu memasukan data lebih cepat.
5.       Dengan touch screen anda bisa interaksi langsung antara penglihatan dengan indera peraba, sehingga keluaran bisa dihasilkan pada satu tempat yang sama.

Kerugian Touch Screen
1.       Harga yang di tawarkan untuk membeli touch screen jauh lebih mahal. Dikarenakan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat touch screen sampai saat ini masih mahal.
2.       Butuh waktu yang lebih untuk memprogram touch screen.
3.       Tak jarang ketika melakukan pengetikan jari tangan anda menutupi layar, sehingga menyulitkan proses pengetikan, hal ini biasanya terjadi pada para pengguna yang memiliki jari tangan yanga besar.
4.       Terkadang suka hang ketika anda melakukan pengetikan terlalu cepat atau hang ketika anda menyuruh touchscreen bekerja cepat.
5.       Biaya service yang mahal, maka dari itu rawatlah touch screen anda jangan sampai rusak, karena untuk biaya service touch screen hampir sama dengan harga beli touch screen baru, maka tak heran ketika touch screen rusak banyak orang yang memilih membeli touch screen baru dibandingkan memperbaikinya. 

Komponen - Komponen Touch Screen (Layar Sentuh)

Di dalam teknologi touch screen terdapat 3 komponen utama yaitu
  • Touch Sensor

Touchs sensor merupakan lapisan paling luar dari sebuah touch screen, lapisan ini berfungsi untuk menerima input dari luar. Input itu berbentuk sentuhan baik sentuhan jari maupun sentuhan touch pen, sensor yang digunakan yaitu sensor sentuh. Sensor sentuh sendiri berbentuk lapisan yang sangat tipis terbuat dari kaca dan pastinya sangat responsif terhadap sentuhan. Touch sensor sendiri posisinya paling luar yang menutupi area depan touch screen. Ada 3 macam teknologi sensor yaitu resistive touch screen, capasitive touch screen dan surface wave touch screen.

  • Controller

Komponen touch screen yang kedua yaitu controller. Controller menyambungkan antara sensor dengan perangkat yang terdapat di dalam komputer yang selanjutnya akan di proses sentuhan-sentuhan tersebut. Touch sensor berperan merekam sentuhan yang kemudian sentuhan tersebut dilanjutkan ke controller, kemudian di lanjutkan lagi oleh controller untuk melakukan penerjemahan informasi dari sensor itu, sehingga informasi tersebut bisa di pahami oleh komputer. Jika komputer sudah memahami informasi yang masuk maka informasi itu akan di proses dan selanjutnya akan di keluarkan dengan muncul tampilan di layar monitor. Jadi bisa di simpulkan controller berfungsi untuk menerjemahkan data atau informasi.

  • Software Driver

Komponen yang ketiga ini yaitu software pengatur. Fungsi dari software driver yaitu mengatur supaya perangkat yang terdapat di dalam touch screen bisa bekerja sama pada berbagai macam kebutuhan. Software driver mengatur semua operating system, software driver akan mengatur sentuhan-sentuhan dari sensor di atas layar sentuh. Sekarang ini banyak yang menggunakan driver yang mirip dengan mouse.

Comments